A.
Definisi
Dan Pengertian Telematika
Telematika
merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu
arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. pengertian Telematika sendiri
lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer
dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan
dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem
telekomunikasi untuk mengirimkan data.
B.
Perkembangan
dan Trend Telematika
Telematika berkembang semakin pesat
seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Di Indonesia ada 3
periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat, yaitu:
Periode Rintisan (akhir tahun
1970-an s.d akhir tahun 1980-an )
Mulai tahun 1970-an inilah Toffler
menyebutnya sebagai zaman informasi. Namun demikian, dengan perhatian yang
minim dan pasokan listrik yang terbatas, Indonesia tidak cukup mengindahkan
perkembangan telematika.
Memasuki tahun 1980-an, perubahan
secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama satu
dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, dan multimedia
mulai dilakukan, walaupun penggunanya masih terbatas. Kemampuan ini
dilatarbelakangi oleh kepemilikan satelit dan perekonomian yang meningkat
dengan diberikannya penghargaan tentang swasembada pangan dari Perserikatan
Bangsa-bangsa (PBB) kepada Indonesia pada tahun 1984.
Penggunaan teknologi telematika oleh
masyarakat Indonesia masih terbatas. Sarana kirim pesan seperti yang sekarang
dikenal sebagi email dalam suatu group, dirintis pada tahun 1980-an.
Periode Pengenalan (Tahun 1990-an)
Periode satu dasawarsa ini, tahun
1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat
mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri
marak pada awal tahun 1990. Pada sisi lain, milis yang mulai digagas sejak
tahun 1980-an, terus berkembang.
Teknologi telematika, seperti
computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televise
internasional – tv kabel Indonesia, mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia.
Periode pengenalan telematika ini mengalami lonjakan pasca kerusuhan Mei 1998.
Pemerintah yang masih sibuk dengan
gejolak politik yang kemudian diteruskan dengan upaya demokrasi pada Pemilu
1999, tidak menghasilkansuatu keputusan terkait perkembangan telematika di
Indonesia. Dunia pendidikan juga masih sibuk tambal sulam kurikulum sebagai
dampak perkembangan politik terbaru, bahkan proses pembelajaran masih
menggunakan cara-cara konvensional. Walaupun demikian, pada tanggal 15 Juli
1999, arsip pertama milis Telematika dikirim oleh Paulus Bambang Wirawan, yakni
sebuah permulaan mailinglist internet terbesar di Indonesia.
Periode Aplikasi (Tahun 2000-an)
Awal era millennium inilah,
pemerintah Indonesia serius menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk
keputusan politik. Kebijakan pengembangan yang sifatnya formal “top-down”
direalisasikan dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000
tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI), dan Instruksi Presiden No.
6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika.
Selanjutnya, teknologi mobile phone
begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hamper seluruh lapisan
masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Teknologi
computer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi
processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access
point. Bahkan, pada café dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan
mudah, dan gratis.
Pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) juga tidak akan kalah dengan perkembangan TIK saat ini.
Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor,
penggunaan memori dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi
terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi
berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan
akses bandwidth yang mencapai terabyte juga. Hal ini berakibat menumbuhkan
faktor baru dari perkembangan teknologi. Antarmuka pun sudah semakin
bersahabat, lihat saja software Microsoft, desktop Ubuntu, GoogleApps,
YahooApps Live semua berlomba menampilkan antarmuka yang terbaik dan lebih
bersahabat dengan kecepatan akses yang semakin tinggi. Hal ini ditunjang oleh
search engine yang semakin cepat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh
penggunanya.
Pada akhirnya, era robotic akan
segera muncul. Segenap mesin dengan kemampuan adaptif dan kemampuan belajar
yang mandiri sudah banyak dibuat dalam skala industri kecil dan menengah,
termasuk di tanah air. Jadi, dengan adanya teknologi manusia akan terus
berkembang sehingga akan ada harapan-harapan tentang masa depan yang lebih
baik.
Resume :
Perkembangan telematika dari tahun
ke tahun semakin terus berkembang, ini menandakan bahwa telematika terus
mengikuti perkembangan teknologinya. Dengan terus berkembangnya telematika,
maka akan mempermudah aktivitas manusia dalam melakukan pekerjaannya.
adalah profil wilayah atau instansi,
data statistic, surat keputusan, dan bentuk interaktif lainnya.
Salah satu contoh dari teknologi
telematika dibidang komunikasi. Karena merupakan suatu sarana berkomunikasi
dengan menggunakan media elektromagnetik untuk mengirimkan atau menerima suatu
informasi dari satu pihak ke pihak yang lainnya.
C.
Definisi
dan Pengertian Arsitektur
Arsitektur merupakan tempat bernaung
dari yang paling sederhana hingga yang paling rumit. Arsitektur juga merupakan
lingkungan binaan (built environment) dan Lingkungan buatan (built environment)
mempunyai bermacam-macam kegunaan, yaitu, melindungi manusia dan kegiatan –
kegiatannya serta harta miliknya dari elemen-elemen, dari musuh-musuh berupa
manusia dan hewan, dan dari kekuatan-kekuatan adikodrati, membuat tempat,
menciptakan suatu kawasan aman yang berpenduduk dalam suatu dunia fana dan
cukup berbahaya, menekankan identitas social dan menunjukan status, dan sebagainya.
D.Pemahaman
dan Penjelasan Arsitektur Sisi Klien dan Sisi Server Arsitektur Sisi Klien
-
Pihak
klien selalu memulai permintaan/permohonan ke pihak server.
-
Setelah
mengirim permintaan, kemudian klien akan menunggu balasan atau jawaban atas
permintaannya dari server.
-
Menerima
balasan dari server atas permintaannya.
-
Biasanya
klien akan terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu.
-
Biasanya
berinteraksi langsung dengan end-user (pengguna akhir) dengan menggunakan user
interface (antarmuka pengguna).
-
Khusus
jenis klien mencakup web browser, email klien dan online chat klien.
E.
Arsitektur
Sisi Server
1. Sebagai penyedia layanan, sisi
server akan selalu menunggu permintaan dari sisi klien
2. Sesuai dengan tugasnya, melayani dan
menjawab permintaan data yang diminta oleh klien
3. Sebuah server dapat berkomunikasi dengan
server lain untuk melayani permintaan klien
4. Jenis server khusus mencakup web
server, FTP server, database server, email server, file server, print server.
Mayoritas dari web layanan tersebut juga merupakan jenis server.
Sumber :
1. https://dirgaharyaputra.wordpress.com/2015/10/16/definisi-telematika-perkembangan-telematika-dan-trend-telematika-kedepan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar